Sepatu Kulit

Sepatu kulit berwarna hitam, tak bercelah, tak berpori. Hitam legam dan mengkilat, kutatap ia dalam-dalam, padanya dititipkan harapan dari ibu untuk kupakai saat sidang skripsiku, saat acara wisudaku dan saat-saat aku melamar kerja. Aku belum pernah memakainya, bahkan ragu untuk menyentuhnya. Aku tak tahu kapan saat-saat yang diharapkan itu akan terjadi.

Sepatu kulit berwarna hitam, simbol kemewahan, simbol kedewasaan. Takkan pernah kita memakainya untuk bermain tongkak dingin di sudut gang, atau untuk bermain bola di lapangan sebelah rumah. Ini masanya memakai sepatu kulit, kau tidak lagi harus dipaksa makan oleh ibumu, atau mengeluh karena tidak bisa menghabiskan makanan. Kini kau harus mencari makan sendiri, jangankan sulit menghabiskan, kau terkadang sangat ingin menambah makan tetapi tak bisa. Ini masanya memakai sepatu kulit, masa saat cerita-cerita kepada kawan tak lagi seputar Power Ranger yang kau tonton setiap hari minggu pagi, ini masanya cerita-cerita tentang masalah hidup yang seakan tak pernah usai, tentang hidup yang tak lagi sederhana, tentang hidup yang dosanyanya kini kau tanggung sendiri.

Sepatu kulit berwarna hitam, pada hakikatnya kau adalah sepasang tetapi tetap disebut satu. Padamu aku merasa iri, tersebab kau tak pernah merasa sendirian. Kau berpasangan menjadi satu, seiring sejalan menghadapi dunia. Di dunia ini hal paling menyengsarakan adalah kesendirian, kau akan merasakan musibah tersulit menjadi ringan jika kau tak sendiri tetapi musibah kecil akan terasa berat jika kau hadapi sendiri.

Sepatu kulit berwarna hitam, aku ingin kelak di akhirat kau menjadi saksi bagiku, tentang perjuanganku dalam hidup, tentang hal-hal yang tak bisa dilihat orang lain betapa besar perjuangannya.

IMG00849-20151213-0659

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s