Latepost: suka duka jadi blogger

Besempena hari blogger nasional 27 Oktober ini, saya ingin menuangkan sedikit pengalaman saya selama hampir 7 tahun menjadi seorang blogger.

Pertamakali ngeblog itu karena ikut-ikutan teman di sekolah, karena kami jurusan IT di SMK dulu, jadi lab kami isinya komputer semua lengkap dengan koneksi internetnya. Melihat teman-teman menulis berbagai hal di blognya, saya menjadi terinspirasi membuat hal serupa untuk syiar islam, awalnya masih banyakan copy paste, namun ketika sudah bisa menulis artikel sendiri saya jadi mengejutkan banyak orang, kenapa? Karena saya menulis tentang Imam Samudra dan Ambrozi yang saat itu didakwa sebagai pelaku Bom Bali, hingga saat saya minta pendapat guru soal blog saya, dia jadi takut sendiri, heheh..

Kegiatan ngeblog memang bukan kegiatan yang mudah, mulai dari nyari inspirasi, nulis, mempercantik blog hingga mencari audiencenya, sangat melelahkan bahkan menjenuhkan, namun di saat teman-teman saya tidak “istiqomah” lagi ngeblog, saya malah merasa punya hobby baru. Kelas 2 SMK saat kami memasuki masa Prakerin/Magang, saya mengalami semacam stagnasi dalam pengembangan pengetahuan komputer, padahal masa magang inilah saat-saat paling krusial dalam menentukan keilmuan kedepan, akhirnya saya banyak pergi dari tempat magang dan menghabiskan waktu di warnet, di sana saya dalami tentang blog, saya beli buku-buku tentang blog mulai dari cara mempercantik blog hingga permasalahan advertising, sayangnya saat itu masih sangat sulit menemukan pengiklan untuk blog amatir, Google ADsense saat itu belum mendukung blog berbahasa Indonesia.

Saya menjadi stagnan dalam pengembangan blog, meski tidak menghilangkan “keistiqomahan” posting artikel di blog, namun saya mulai berusaha melupakan mimpi menjadi blogger profesional. Saya harus menemukan alternatif lain dalam pengembangan ilmu komputer saya, saya tidak boleh kalah dengan teman-teman yang dapat tempat magang di toko komputer atau provider. Akhirnya saya putuskan mempelajari dunia desain grafis (hingga kelak saya akhirnya dapat menghasilkan nafkah dari dunia desain grafis sebagai guru desain di sebuah tempat kursus komputer). Kesibukan di dunia desain grafis sempat membuat saya melupakan aktifitas blogging, hingga pada saat kelas 3 SMK saya ditunjuk oleh sekolah sebagai perwakilan dalam perlombaan blogging tingkat provinsi, saya mulai menekuni kembali aktivitas blog, meski akhirnya kalah dalam perlombaan, tetapi gairah blogging saya menjadi kembali meningkat.

Memasuki masa kuliah, saya menjadi sangat tertarik kepada dunia literasi, maka saya rubah blog saya menjadi media menulis dan tidak lagi menjadi media (berusaha) cari uang. Pada perkembangannya saya bahkan mengganti platform blog karena lebih friendly dengan search engine meskipun jadi menutup peluang memasang iklan. Hasilnya cukup lumayan, blog saya jadi stabil dengan rata-rata pengunjung terendah 30 views perhari dan tertinggi 177 views perhari.

Blog sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam hidup saya sejak 7 tahun terakhir, meski tidak tergolong blogger yang serius, dalam artian pengembangan blog agar menjadi komersial, namun saya merasa berhasil untuk menyebut diri saya sebagai blogger idealis yang hanya menulis pemikiran-pemikiran dalam blog, saya percaya himpunan pemikiran-pemikiran saya kelak akan berguna.

I Love You My Blog (^_^)

4 pemikiran pada “Latepost: suka duka jadi blogger

  1. Semangat.. terima kasih sudah memberi saya inspirasi di pagi hari. Boleh kan belajar dari yg muda. Saya 44 tahun dan baru mulai ngeblog sekitar 1.5 bulan lalu..mulanya hanya menyalurkan keinginan menulis krn saya suka dulu diskusi di forum. Ternyata menyenangkan sekali menjadi blogger dan melihat banyaknya anak muda di dunia ini membuat saya jadi ngerasa muda lagi dan pengen terus menulis… Semoga bisa istiqomah ngeblog seperti dikau..

    • Terima kasih, tentu saja akan saya bantu dengan apa yang saya bisa. Dunia blog ini adalah alam baru bagi dunia literasi, anggap saja dia jelmaan dari dunia sahabat pena di jaman dahulu maka kita akan merasakan sensasi yang sama namun dengan sentuhan modern🙂

Tinggalkan Balasan

