One Day One Juz #ODOJ #IndonesiaMengaji

Ada sebuah program yang membuat saya terkesima belakangan ini. Sejak diperkenalkan oleh Murobbi (mentor) saya sekitar dua bulan yang lalu, ternyata beberapa hari kemudian saya melihat program ini sudah begitu populer di kalangan aktifis da’wah.

Ya, jika mau merenungi lebih dalam, seorang yang mengaku aktifis da’wah tidak ada alasan untuk tidak mengikuti program ini, membaca alqur’an satu juz setiap hari atau populer dengan sebutan One Day One Juz dengan hashtag #ODOJ . Imam Hasan Al-banna sebenarnya sudah sejak dahulu mewajibkan kadernya untuk membaca alqur’an 1 juz setiap hari, begitu pula dengan ulama-ulama yang lainnya.
Membaca alqur’an 1 juz kira-kira hanya menghabiskan waktu 1 jam, meski terlihat berat, ini sebenarnya sangat ringan dibanding manfaatnya sangat besar. Ulama terdahulu mengkhatamkan alqur’an berkali-kali dalam sebulan meskipun aktifitasnya sangat banyak, sementara kita dengan segala kemudahan hidup saat ini masih merasa sulit, bayangkan kemudahan hidup kita saat ini, untuk bepergian kendaraan sudah canggih dan cepat, untuk mencuci sudah ada mesinnya dan masih banyak kemudahan lainnya yang mengefesiensikan waktu dan tenaga kita. Dengan segala kemudahan yang ada, pastilah menghasilkan waktu luang yang banyak dalam hidup kita, inilah yang biasanya kita manfaatkan untuk hal yang sia-sia, niat awalnya refreshing namun ternyata kebablasan sehingga membuang-buang waktu. Alangkah lebih baik jika waktu-waktu kita lebih banyak di dedikasikan untuk menangguk bekal akhirat sebanyak-banyaknya.

Dalam ODOJ sesungguhnya kita sedang mengkatamkan alqur’an setiap hari secara bersama-sama, ada tambahan motivasi dan atau pressure kepada kita karena dalam grup ODOJ amalan baca qur’an tidak tidak hanya diawasi oleh Allah saja, melainkan rekan sesama anggota grup. Saya pribadi sebagai seseorang dengan grafik menurun dan tingkat kemalasan yang meningkat sangat membutuhkan pressure-pressure ektra seperti ini. Diharapkan dengan amal ibadah yang meningkat akan menambah pula kedisplinan dan peningkatan di dalam hal-hal yang lain, terutama manajemen waktu dan manajemen hidup.

Oleh karena itu saat ini saya ikrarkan niat untuk mengikuti program #ODOJ insyaAllah dengan beberapa persiapan terlebih dahulu, target setidaknya bulan depan sudah gabung, dan ini dintegrasikan juga dengan target saya untuk kehidupan dunia. Semoga Allah meridhoi..

Semoga teman-teman yang lain juga ikut terpanggil dan bersama-sama kita realisasikan Indonesia Mengaji.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s