Aibku, aibmu, aib kita semua

Kemuliaan seseorang di hadapan orang lainnya tak lain karena Allah menutup aib-aibnya. Secuil saja kehinaan/aib yang ditampakkan akan mampu membuat seseorang yang besar dan mulia menjadi nista. Setiap manusia memiliki aib, karena ia tempatnya salah dan khilaf sehingga manusia terbaik adalah yang mau segera bertaubat. Maka janganlah suka membuka aib! Baik itu aib orang lain maupun diri sendiri. Bersyukurlah jika Allah masih menutupi aib-aib kita apalagi aib yang besar, bertaubatlah jika masih ada aib yang dikerjakan dan jangan pernah membuka aib seseorang karena Allah akan membuka aibmu ketika kau membuka aib seseorang.

Aib bisa jadi merupakan keburukan masa lalu atau bentuk kekhilafan seorang insan yang dhaif, atau aib bisa jadi masih ada atau berlangsung hingga saat ini. setiap orang ingin menutupi aibnya, baik yang sudah taubat maupun belum. Orang yang aibnya masih tertutup lebih berpeluang untuk bertaubat. Sebab, ia tak perlu menghadapi “hal-hal dari luar” terlebih dahulu, hal-hal seperti omongan masyarakat biasanya menjadi hambatan tersendiri untuk bertaubat, cap buruk terhadap dirinya tak mudah hilang begitu saja walau ia sudah bertaubat, hal ini yang membuat taubat itu berat bagi pelaku keburukan. Oleh karena itu seseorang yang mengetahui keburukan seseorang sebaiknya menasehati secara diam-diam, bukan di keramaian, sebab menasehati di keramaian sama saja mempermalukan orang tersebut.

Menasehatii di muka umum saja tidak boleh, apalagi mengina dan membuka aib. Perlakukannya di “pendosa” dengan baik dengan menasehati secara pribadi. Jika nasehat itu ibarat hadiah maka berikanlah dengan manis, bukan di lempar

Wallahu ‘alam bishawab

Posted from WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s