Profil Soeman Hs

Jika menatap luar biasanya pembangunan di kota Pekanbaru tentu mata kita takkan bisa berpaling dari kemegahan gedung Pustaka Wilayah Soeman Hs, lalu pernahkah kita bertanya siapa Soeman Hs itu? Berikut profil singkatnya:

Suman Hasibuan (Suman Hs) merupakan sastrawan yang lahir di Bengkalis pada tahun 1904. Mengenyam sekolah Melayu di Bengkalis tahun 1912-1918. Kemudian bersekolah di Sekolah Normal di Medan dan Langsa hingga tamat tahun 1923.

Selain menjadi pengarang, Suman Hs. pernah menjadi guru bahasa Indonesia di HIS Siak Sri Indrapura dari tahun 1923 sampai tahun 1930. Selain itu juga menjadi kepala sekolah Bumi Melayu di Pasir Pengaraian pada tahun 1930, pada masa penjajahan Jepang, ia menjadi pemilik sekolah, anggota Sagikai Giin (DPR model Jepang), anggota komite nasional Indonesia di Rokan Kanan/kiri. Sastrawan ini juga turut aktif bergerilya dan sempat menjadi komandan Pangkalan Gerilya Rokan serta anggota Staf Gubernur Militer Riau. Saat menjadi kepala Jawatan dinas P & K Pekanbaru, ia juga tercatat sebagai pemilik sekolah. Tahun 1960 hingga 1966 menjadi anggota badan pemerintahan tingkat I Riau. Tahun 1966 sampai 1968 tercatat sebagai anggota DPR provinsi Riau. Jabatan terakhirnya adalah ketua umum Yayasan Lembaga Pendidikan Riau.

Suman Hs. meninggal di Pekanbaru, Riau, pada 8 Mei 1999. Ia meninggalkan warisan berupa karya-karyanya seperti: “Kasih tak terlerai” (novel, Balai Pustaka 1929), “Percobaan Setia” (novel, Balai Pustaka, 1931), “Mencari Pencuri Anak Perawan” (novel, Balai Pustaka 1932), “Kawan Bergelut” (kumpulan cerpen, Balai Pustaka 1938) dan beberapa karya lainnya

Sumber: Balai Pustaka

Posted from WordPress for BlackBerry.

Satu pemikiran pada “Profil Soeman Hs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s