kisah April di akhir April

Bulan April adalah bulan yang penuh warna. Banyak moment bersejarah dan peringatan khusus di bulan ini. Mulai dari kisah pembantaian Muslim Andalusia terakhir di Granada, peringatan April mop oleh kaum barat hingga peringatan emansipasi wanita Indonesia di tanggal 21. Selain itu ada juga moment-moment menegangkan bagi para pelajar kelas 3 yang harus menjalani Ujian Nasional pada bulan April. Namun ada satu April lagi yang ingin saya bahas pada tulisan kali ini, April Asia.. Ya nama yang agak asing namun begitu dekat terutama bagi masyarakat Riau.

Saya sendiri baru mendengar nama April Asia saat mengikuti sebuah even yang ditaja April Asia dan harian Tribune Pekanbaru di Pustaka Wilayah Soeman HS. Saat pertama kali melihat logo April ada seperti ada yang mengganjal di benak saya. “Bukankah ini logo PT RAPP?”. Dan pertanyaan di benak saya itu perlahan mulai terjawab seiring berjalannya even. Ya, PT RAPP memang merupakan bagian dari April Asia.

Berbicara masalah event yang ditaja itu, nama Event itu adalah Student Vaganza. Sebuah acara yang luar biasa dengan mendatangkan pembicara-pembicara dengan kaliber nasional. Selain itu ada juga perlombaan-perlombaan menarik yang dilaksanakan (meski perlombaan ini perlu penyempurnaan lagi kedepannya) secara keseluruhan acara ini sangat luar biasa. Dan yang lebih mengagumkan adalah komitment April untuk melaksanakan acara Student Vaganza ini setiap tahunnya. (Gue harus bilang wow nih, :D)

Melalui acara ini saya jadi lebih mengenal April dengan usaha yang mereka geluti. Selama ini yang ada dibenak saya perusahaan kayu itu adalah penggundul hutan dan perusak jalan dengan mobil-mobil beratnya. Namun anggapan saya itu salah besar! Sebagai kelanjutan dari acara Student Vaganza, kami diajak untuk berkeliling melihat perusahaan RAPP itu secara langsung, di sana melihat sendiri bagaimana RAPP melakukan pembibitan secara berkesimbungan, Sehingga pohon yang ditebang akan selalu memiliki pengganti. Saya jadi mengerti perusahaan kertas ini lebih cocok dikatakan sebagai perusahaan penanam dibanding penebang. Selain itu kami diperlihatkan juga jalan khusus yang dibuat oleh PT RAPP untuk lalu lintas mobil-mobil pengangkut kayu mereka, ini sekaligus menjawab pertanyaan saya mengenai “hilangnya” mobil-mobil pengangkut kayu yang selama ini melintas di daerah saya. Maklum saya tinggal di Perumahan Pandau Permai yang merupakan kawasan perbatasan yang sering dilalui oleh mobil-mobil berat termasuk mobil pengangkut kayu (pantas sudah jarang sekali rasanya saya tidak melihat mobil pengangkut kayu melintas, padahal dulu tiap hari selalu ada yang melintas).

Semua fakta-fakta yang saya lihat sendiri itu menjelaskan kepada saya sebuah logika sederhana. “Tidak mungkin perusahaan ini merusak tempat usahanya sendiri, pasti selalu ada usaha perawatan dari mereka untuk menjaga kesinambungan usaha mereka sendiri. Jika terjadi kerusakan apalagi bencana alam, tentu yang paling rugi adalah perusahaan itu sendiri.”

Memang logika sederhana itu tidak dapat disematkan kepada seluruh perusahaan yang memiliki usaha kayu. Tergantung karakter dan tanggung jawab perusahaan itu sendiri dan ketegasan pemerintah terhadap si perusahaan kayu. Namun saya masih ingat jelas pemaparan dari Pak Iqbal mengenai usaha perawatan alam yang telah dilakukan oleh PT RAPP, Konsep yang sangat baik dan mutahir.

Terlepas dari itu semua tentu perusahaan ini selalu punya titik lemah karena sistem yang dipakai adalah sistem buatan manusia, hanya sistem Tuhan-lah yang sempurna. Maka tugas kita bersama mengingatkan dengan baik jika ada kelalaian atau kesalahan yang terjadi, entah mungkin masalah jalan atau hubungan ke masyarakat lainnya. Kita semualah yang bisa membuat semuanya menjadi lebih baik, meski tak akan sesempurna milih Tuhan.

Demikian, jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai RAPP silahkan kunjungi website http://www.Aprilasia.com (bahasa Inggris sih, translate sendiri aja pakai google translate😐 )

Semoga April tahun ini menjadi April yang baik bagi kita semua, khusus untuk kedua adik saya yang melaksanakan Ujian Nasional di April tahun ini, semoga kalian lulus dengan nilai yang baik. Mari kita tutup April ini dengan senyuman dan sambut bulan Mei dengan penuh semangat🙂

Wassalam

2 pemikiran pada “kisah April di akhir April

Tinggalkan Balasan

