Tour de RAPP

Alhamadulillah hari ini (21 Maret 2013) saya mendapat kesempatan langka berkunjung ke perusahaan yang sudah sangat ternama di Riau dan Indonesia, yaitu PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper). Bertolak dari gedung Pustaka Wilayah Soeman HS dan dari Gedung Tribune Pekanbaru, dengan diantar oleh bus “KPK” menuju wilayah operasional PT RAPP di kota Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Saat pertama tiba, saya sempat salah kira melihat perkantoran kecil di bagian depan kompleks RAPP, saya mengira kami hanya di bawa ke cabang pewakilan RAPP yang ada di antara perkantoran kecil ini, ternyata perkantoran kecil ini dikhususkan untuk mitra-mitra perusahaan RAPP sedangkan tujuan kami masih jauh di belakang. Memasuki kompleks RAPP yang hijau dan asri kami pertama-tama dibawa ke tempat proses pembibitan tanaman akasia yang menjadi komoditi utama untuk di tanam di daerah Pelalawan ini, tour guide dengan sabar meladeni pertanyaan-pertanyaan dari rombongan kami yang sebagian besar terdiri dari para mahasiswa yang terkenal kritis sambil menunjukkan tahap demi tahap yang dilalui tanaman untuk menjadi bibit unggul yang siap tanam.

Kemudian dengan menggunakan bus dengan didampingi Pak Budi sebagai Tour Guide Kami diajak berkeliling melihat-lihat kompleks perumahan karyawan RAPP dengan segala fasilitasnya baik dari fasilitas olahraga, hotel, apartemen hingga sekolah. Ada juga kawasan khusus Research and development yang luasnya cukup besar, namun Satu hal yang menarik bagi saya adalah gedung besar dengan jam raksasa di atasnya, sayang saya tidak sempat memfoto gedung itu karena terperangah dan ketika saya sadar untuk memfoto gedung itu sudah tertutup oleh tanaman😦

Terakhir kami dibawa ke gedung BPPUT dan daerah perkebunan rakyat yang bekerja sama dengan RAPP, di sana kami juga melihat pelatihan keterampilan bagi ibu-ibu rumah tangga dan fasilitas penginapan bagi siswa-siswi magang dari sekolah-sekolah di Pekanbaru maupun daerah lainnya di Riau.

Menjelang pulang kami berkumpul di mushalla untuk acara penyerahan hadiah lomba blog dan lomba presenter di Event StudentVaganza Januari lalu di Pustaka wilayah Soeman HS. Sebuah hal yang luar biasa di lomba blog karena juara pertama di raih oleh siswa kelas 2 SMP mengalahkan para peserta yang kebanyakan berasal dari Universitas.

Banyak sekali ilmu yang kami dapatkan di sini terutama dari pemaparan oleh Pak Iqbal dan Pak Amru di gedung BPPUT, namun untuk ilmu-ilmu tersebut insyaAllah akan saya share di lain waktu, Untuk posting kali ini mungkin sekedar laporan perjalanan dulu karena ciri khas blog ini adalah laporan perjalanannya😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s