Riau Moslem Gathering FSRMM

Assalamualaikum..
Hookeh, catatan iseng kali ini mau ngebahas kegiatan saya hari ini (ahad, 10 Maret 2013). Bertempat di Ballroom Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Forum Remaja Masjid Mutmainah mentaja sebuah kegiatan seminar nasional yang membahas tentang pentingnya ukhuwah islamiah dalam membentengi diri dari konspirasi jahat zionis. Acara ini mengundang pembicara Mr. Jerry D Gray mantan Pilot US Airforce (angkatan udara Amerika Serikat) yang fokus pada masalah konspirasi, Ustad Salim A Fillah penulis buku best seller “dalam dekapan ukhuwah” yang khusus membahas tentang indahnya ukhuwah islamiah dan terkahir ada Ustad Mustafa Umar,Lc yang memberikan tafsir qur’an.

Para pembicara memberikan materi yang menarik dan dengan kelebihannya masing-masing. Mr. Jerry D Gray dengan bahan2 presentasinya lewat foto dan gayanya yang kocak, Ustad Salim A fillah dengan cerita kunjungannya ke Gaza yang menunjukkan ukhuwah yang begitu indah di sana ditambah dengan bahasanya yang halus dan indah, kemudian ustad Mustafa Umar dengan kedalaman ilmu tafsirnya dan dialeg melayunya yang khas.

Point penting yang dapat saya petik dari masing-masing pemateri adalah:

1. Mr. Jerry D Gray : jangan tiru gaya hidup orang Amerika, makanlah makanan tradisional yang lebih alami dan aman bagi kesehatan. Jadilah muslim yang sehat rohani dan jasmani.

2. Ustad Salim A Fillah : sumbangan yang kita berikan untuk warga Gaza itu sama sekali bukan bantuan, tetapi kitalah yang justru meminta bantuan mereka untuk mengikutkan harta kita dalam perjuangan suci mereka. Para penduduk Gaza saat ini berada di garda terdepan dalam menghadapi Zionis yang akan melakukan penghancuran global.

3. Ustad Mustafa Umar: segala yang sudah terjadi ini sudah dijanjikan Allah dalam Al qur’an. Tugas kita hanyalah percaya dan menanti (tamb. pen.)

Terakhir ba’da istirahat sholat dan makan (ishoma) kami dihibur oleh konser nasyid dari Justice Voice yang seperti biasa selalu tampil kocak dan kompak. Masya Allah luar biasa saya lihat semangat para adek-adek ini. Semoga Allah menjaga keistiqomahan di hati mereka. Saya jadi teringat jaman dahulu kala, kami (saat itu ada di YPPI cendekia) sebenarnya punya acara yang kurang lebih sama bernama Silpi (Silaturahim Pelajar Islam) yang alhamdulillah sudah digelar 11 kali, namun yang terlintas di benak saya bukannya merasa tersaingi, malah saya merasa senang. Jika saja ada banyak ormas-ormas pemuda islam di Riau dan memiliki acaranya masing2 yang seperti ini (asalkan jadwalnya tidak dibentrok-bentrokkan) maka akan sangat luar biasa pengaruhnya bagi pemuda/i muslim Riau dan Pekanbaru khususnya, apalagi ormas ini walaupun sama-sama berbasis pemuda namun memiliki segmen dakwah yang agak berbeda dengan kelebihannya masing-masing (Seperti FSRMM yang memiliki kelebihan dari segi dana, teknologi dan dukungan pihak-pihak berwenang, semntara YPPI memiliki kelebihan dari segi pengalaman dan massa kader yang lebih besar) Ini tentu menguntungkan dari segi efektifitas dan pemerataan segmen dakwah itu sendiri.

Pesan saya terakhir, semoga pesan utama dari acara ini dapat di serap. Yaitu “Ukhuwah islamiah”. Seperti kata Ustad Salim A Fillah, alangkah lebih baik jika kita bersatu dalam satu bendera dakwah, namun jika tidak bisa maka bersinergilah saling membantu, jika tidak bisa. Maka janganlah saling menjatuhkan melainkan justru saling berlomba-lomba dalam kebaikan (berlomba dengan tidak saling sikut tentunya)

Sekian dulu catatan iseng kali ini, sudah lama rasanya gak bikin postingan yang agak panjang hehe. Ini mungkin Pengaruh kejenuhan dan antusiasme yang tidak seperti saat sekolah dan jadi aktivis dulu.

Wallahu a’lam bishawab

4 pemikiran pada “Riau Moslem Gathering FSRMM

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Subhanallah…, syukron atas attensi dan apresiasinya akh,,,😀
    semoga cita-cita kita dalam bersama menegakkan syiar DAKWAH ISLAM di Dunia, khususnya bumi lancang kuning ini bisa dimudahkan, dan kita bisa lebih saling berukhuwah dalam naungan Islam dan lebih mengokohkan iman kita..
    Semoga acara-acara yang seperti ini akan terus digalangkan…😀

    Oiya,, seperti yang dikatakan oleh ketua Panitia kita saat laporannya, kegiatan ini dimulai dengan tanpa ada dana sepersen pun.., dana kegiatan ini kita kumpulkan sendiri melalui setiap usaha dan setiap tetesan keringat…
    sungguh, inilah yang membuat persiapan acara ini begitu “mendebarkan” menumbuhkan semangat diantara berbagai prasangka,, sangat melatih kesabaran dan keyakinan kami atas janji Allah di Surat Muhammad ayat 7,
    “Ketika engkau menolong agama Allah, maka Allah akan membantumu dan meneguhkan kedudukanmu”

    Sama halnya dengan bentuk teknologi yang diperlihatkan saat acara, itu semua adalah buah dari kerja keras setiap panitia yang bahkan mengorbankan jam istirahatnya…😀

    Salam Ukhuwah…
    ‘SetA’ Prastya Bayu – FSRMM
    Visit us: http://www.fsrmm.com

    • Barakallah, semoga kerja keras dalam mentaja acara ini dapat menjadi pemberat amal antum semua di akhirat nanti.

      Masalah sumber dana itu ana tidak “menuduh” adanya bantuan pihak tertentu. Tidak ada maksud seperti itu. Tulisan di posting hanya menilai secara pergerakan keseluruhan, bahwa tidak dpt dinafikan sebagian besar anggota FSRMM hampir semua dari SMAN 1 yg notabene sebagian berasal dr kaum berada, Selain itu banyak pihak2 dr pemerintahan yg mendukung. Ini sungguh keunggulan yg sangat baik. Semua perangkat2 siaran radio live streaming dll sungguh sumberdaya yg luar biasa.

      Teruskan perjuangan!!
      Allahu akbar..

  2. Syukron pendapat antum ttg RMG senang mendengar antusiasnya,🙂 Hmm, iya .. tidak semuanya berasal dari sma 1 kok .. kita berasal dari berbagai sekolah di kota pekanbaru, dan dana yang didapatkan berasal dari sponsor dan kerjakeras lebih dari sluruh panitia,
    tapi itu semua tertutupi dengan khendak Allah SWT untuk ikut andil mensukseskan acara ini ..😀 semoga dgn kegiatan ini , kita bisa menyatukan ukhuwah seluruh generasi muda muslim🙂 sesuai tujuan dari kegiatan ini.

    • Iya, afwan. Karena artikelnya mungkin terkesan “menuding” asal-muasal dana penyelenggaraan FSRMM. Padahal tulisan terakhir itu membahas tentang hal lain yang lebih luas dari RMG-nya. Kesalahan memang murni dari cara penulisan artikel ini, karena artikel ini memang ditulis dengan agak terburu-buru, takut lupa apa yang mau ditulis hehe..

      Ya ana tau tidak semua anggota FSRMM adalah siswa-siswi SMAN 1 Pku, Ketua panitianya saja merupakan alumni SMAN 9. Yah ana sedikit banyak tau tentang FRMM Jadi tidak terlalu perlu dijelaskan lagi. Mengenai banyaknya siswa SMA 1, mengenai Pak Nas dan lain sebagainya, Tidak perlu menjadi perdebatan atau bantah-bantahan. Toh sebenarnya bukan masalah siapa, darimana atau bagaiamana dakwahnya, Yang penting adalah bagaimana dakwah itu sendiri dapat berjalan dan mampu menyadarkan umat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s